Sunday, 22 April 2018

Cobaan Hidup Itu Namanya Ablatio Retina - Bali, 19 Januari 2018


19 Januari 2018 adalah hari yang kulalui tanpa sadar hampir setengah hari. Hari dimana aku terbius secara total untuk menjalani operasi Vitrectomi di RS Surya Husadha Nusa Dua, Badung, Bali. Hari pertamaku dalam hidup merasakan yang namanya di operasi dan menerima bius. Tidak ada yang aku ingat dari setengah hari itu, dan setengah hari sisanya aku lewati dengan rasa khawatir dan penasaran apakah operasi sudah berjalan sukses?

Jam 8 pagi suster sudah datang ke kamar, membawakan baju operasi untuk aku pakai. Suster juga sudah menyiapakan kursi roda untuk mengantarku ke ruang operasi. Terasa dingin hari itu, suasana yang belum pernah aku alami sebelumnya. Hanya doa dalam hati yang bisa kuucapkan untuk bersiap menghadapi hal yang benar-benar diluar kuasaku.
Bokap, Nyokap dan my Bro selalu berada disamping untuk memberikan support yang sangat aku butuhkan saat itu. Namun mereka tidak bisa terus menemani setelah aku masuk ruang operasi. Sebelum bius disuntikan kedalam infus, pertanyaan ku yang terakhir pada perawat untuk meyakinkan diriku sendiri adalah apakah ada kemungkinan aku akan terbangun saat di operasi? Pertanyaan yang mungkin lucu, namun tetap saja ingin aku tanyakan karena terlalu sering menonton film-film yang aneh-aneh sehingga aku jadi khawatir akan hal itu. Dan 10 menit kemudian aku sudah tidak ingat apa-apa lagi.

Operasi yang awalnya direncanakan hanya 4 jam berlangsung lebih lama. Sekitar jam 3 aku sudah mulai sadar, efek obat bius sudah mulai berkurang. Jantungku berdetak kencang, nafas tersengal-sengal namun tidak bisa menarik nafas dalam-dalam. Pelan-pelan aku mulai bisa mendengar suara namun tidak berdaya untuk melakukan apa-apa. Beberapa kali aku mau muntah tapi tidak bisa keluar apa-apa,  memang perutku kosong sama sekali karena diminta puasa 12 jam sebelum operasi. Mulut dan tenggorokan terasa penuh dengan minyak pelumas, rasanya yang aneh membuat aku mual. Sepertinya itu adalah cairan pelumas yang ada pada selang yg dimasukan ke dalam paru-paruku.

Sunday, 1 April 2018

Cobaan Hidup Itu Namanya Ablatio Retina

Perjalanan hidup siapa yang bisa menebak, dalam sekejap mata kita bisa berada dalam titik terendah dalam hidup.

Perasaan takut, marah, dan menyesal bercampur aduk menjadi satu pasca menjalani operasi Vitrektomi. Menurut pengertian saya Vitrektomi adalah operasi untuk membetulkan posisi retina mata yang terlepas atau menempelkan kembali retina pada tempatnya. Untuk membantu retina agar bisa menempel dengan maksimal kembali maka di dalam mata dimasukan cairan silicon. Kenapa silicon adalah karena silicon mempunyai sifat seperti minyak, jadi didalam cairan mata /Vitreous dia akan mengambang sehingga bisa membantu menekan bagian retina. Agar silicon menekan bagian yang tepat maka pasca operasi pasien diharuskan untuk duduk dan tidur dengan posisi tertentu tergantung dari bagian retina yang lepas untuk jangka waktu yang cukup lama. Dalam kasus saya, bagian retina yang terlepas adalah retina pada bagian atas mata sebelah kanan sehingga setelah operasi saya diharuskan menunduk dan tidur tengkurap selama kurang lebih 3 minggu secara terus menerus.

Keadaan yang sangat menyiksa untuk menunduk terus selama tiga minggu. Tidak bisa menonton TV, leher dan pinggang sangat pegal. Untung semua itu sudah bisa saya lewati dengan baik, tinggal selanjutnya untuk operasi kedua untuk mengeluarkan silicon yang ada di dalam mata. Silicon mempunyai batas waktu sampai dengan 6 bulan untuk berada di dalam mata. Jika lebih bisa beremulsi dan bisa menyebabkan katarak sehingga harus segera di keluarkan.

Pengalaman operasi ini merupakan pengalaman yang sangat pahit bagi saya, saya yang sebelumnya belum pernah yang namanya di operasi dan di bius akhirnya harus menghadapi itu semua di awal tahun 2018. Serasa seperti pukulan bertubi-tubi yang membuat KO karena baru saja saya bangkit dari cobaan finansial yang cukup berat di tahun 2017.

Wednesday, 3 January 2018

Dokter Spesialis Kulit di Denpasar


Beberapa bulan lalu istri gua kena semacam ruam di kaki sebelah kanannya. Sudah dikasi berbagai macam salep kulit yang selama ini sering kita pakai tapi tidak mempan dan malah makin parah. Lukanya makin melebar, berair dan diikuti rasa gatal yang luar biasa dan panas.

Waktu dinas ke Makassar, ruamnya sempat menunjukan tanda-tanda perbaikan. Lukanya mulai tanpak mengering sehingga kita tidak periksakan lagi ke dokter spesialis kulit. Tapi sayang ketika sudah pulang, ruamnya memerah lagi dan makin parah.

Kasian lihat istri yang stress dan sedih lihat kakinya seperti mau busuk, akhirnya gua suruh dia ke Bali aja pulang ke rumah orang tua untuk cari spesialis kulit dan sembuhin lukanya. Sengaja pilih Bali dan bukan makassar biar punya cukup waktu untuk nyembuhin sakitnya baru pulang lagi ke Sulawesi. Inilah susahnya hidup merantau di kota kecil, yang mana fasilitas pengobatannya masih jauh dari kata lengkap dan dokter spesialis jumlahnya masih terbatas dan beberapa spesialis malah belum ada seperti spesialis kulit.

Saturday, 9 September 2017

Trip to Jogja HR Summit 2017

Lagi otw ke Jogja untuk ikut HR Summit 2017. Thx to rekan2 di kantor yg udah bantuin sampai bisa jadi berangkat nih. Seru juga kayaknya nanti di Jogja karena udah 6 tahun ga ke Jogja sejak terakhir 2011 sama si Ombret.

Kemarin berangkat jam 8 malam dari tempat kerja, sampai di rumah jam 10, taruh barang2 keluar bentar sm si Ombret beli parfum sekalian beliin istri nasi goreng kambing ama nyuknyang. Kasian si honey, darah rendahnya kambuh habis mens belum stabil2 ama tenggorokannya radang. Balik ke rumah lsg packing-packing, si Ombret sm honey lsg makan bareng. Habis tu lanjut tidurin si ombret karena dah ngantuk bgt tapi ga mau tidur liat papanya dtg.

Tidur si Ombret, sama si honey cerita-cerita sambil dibantuin lanjut packing-packing lagi. Semua tas dah di taruh deket pintu, jadi besok pagi lsg cus. Jam 00:30 beres semua, selanjutnya bercinta dulu sama honey, dah 4 hari ga ketemu jadi kangen banget. Ampe jam satu malam kelar deh semua urusan syahwat hehe..

Jam 01:30 Lsg lanjut pindahin si Apun yg tidur lelep bgt di kasur luar.. abis tu baru bisa ngorok sm honey. Pagi2 tidur kebablasan, pasang alarm​ setengah empat eh ga ke bangun. Untungnya mas Driver nelpon jadi kebangun. Jam 4:58 lsg cuci muka, gosok gigi tanpa mandi lanjut ke bandara.

Perjalanan ke bandara mobil harus dua kali naik turun tanjakan karena jalan licin, akhirnya bisa lewatin tanjakan. Deg2an juga takut terlambat cek in. Padahal malamnya dah mau web cekin tapi ga jadi. Jam 5:30 Sampai bandara untunglah ga telat, lsg cek in lanjut ke ruang tunggu. Nunggu 15 menit lsg boarding. Cuaca agak mendung, pernerbangan ke makassar dengan atr cukup biat dag dig dug karena goyangan pesawat cukup kerass..

Saturday, 22 July 2017

VCO Untuk Mengatasi Ruam Popok

Punya anak bayi memang harus banyak berimprovisasi sehingga hari-hari jaga si kecil makin mudah. Selain masalah makan, pakaian dan mainan satu hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah masalah popok dan maslah lain yang bisa timbul akibatnya.

Bayi Zaman sekarang sudah dibiasakan untuk memakai popok sepanjang hari karena praktis dan memperingan pekerjaan para orang tua. Memakai popok sepanjang hari tentunya ada efek negatifnya karena bagian tubuh disekitara area bokong akan lembab karena sirkulasi udaranya tidak selancar jika memakai celana. Salah satu efeknya adalh timbulnya ruam popok.

Ruam popok yang dibiarkan akan membuat bayi tidak nyaman dan kesakitan yang bisa membuat tidurnya tidak nyenyak dan merembet ke hal-hal lain.

Friday, 21 July 2017

Obat Ambeien Yang Ampuh dan Aman

Rekan-rekan yang pernah mengalami ambeien tentunya tahu penderitaan yang dirasakan saat kambuh. Sakitnya luar biasa, tidur pun tidak akan nyenyak karena sakit yang luar biasa. Walaupun sudah rutin mengkonsumsi serat ambeian tetap bisa kambuh karena makanan yang pedas dan panas (durian dll). 

Hal yang tidak kalah mengerikan adalah ketika BAB kita berdarah yang merupakan salah satu efek dari ambeien. Jika dibiarkan terus menerus tentunya akan bisa mengakibatkan hak yang lebih parah.

Hal inilah yang bulan lalu saya alami, ambeien kambuh dan BAB penuh darah. Sungguh menderita sekali apalagi pas kerja.Tapi untung sekarang sudah sembuh dan obatnya ternyata hanya herbal. yang saya pakai adalah:

Saturday, 15 July 2017

Menghilangkan Jerawat Mudah dan Murah

Susah ngilangin jerawat? udah pakai banyak penghilang jerawaat di tv tapi masih aja muncul?
Masalah yg sama dulu pernah saya alamin, tapi syukur sejak semester akhir kuliah jerawat perlahan sudah mulai bersih.

Ternyata simpel dan murah untuk ngilangin jerawat. Ga perlu beli produk yg harganya belasan ribu rupiah atau bhakan ratusan ribu rupiah.
Mau tau apa yg saya pakai?